Latest News

Akibat Kesalahan Ketik Typo Sebabkan Kerugian Terbesar Di Dunia

Tak ada insan yang sempurna, alasannya yakni itu kesalahan merupakana potongan dari kehidupan kita. Baik kecil maupun besar semua insan pernah melaksanakan kesalahan. Mulai kesalahan menghitung, salah memencet tombol maupun kesalahan kecil lainya. Tapi percaya atau tudak banyak kesalahan yang kita anggap "kecil" seringkali justru menunjukkan imbas besar hingga menimbulkan kerugian yang besar. Selama ini kita sudah banyak mendengar banyak perkara kesalahan yang dianggap kecil justru berdappak pada kerugian yang besar. Kesalahan ini sanggup terjadi dalam menyebarkan bidang dan kegitan sehari-hari.

Namun kali ini anehdidunia.com tak akan membahas semua jenis kesalahan itu, kita hanya akan berfokus pada satu kesalahan kecil yang sering dianggap sepele yaitu "kesalahan saat mengetik" atau biasa dikenal dengan "Typo" yang berdampak pada kerugian besar hingga menapai milyaran. Nah berikut ini yakni perkara salah ketik "Typo" dengan kerugian paling besar yang pernah terjadi di dunia..

Salah Ketik Di Ebay


Pada tahun 2007 yang lalu, seorang penjual di Ebay berusaha untuk melelang sebuah bir kuno dari tahun 1852 yang gres saja ia temukan. Namun penjual ini melaksanakan sebuah kesalahan kecil saat menulis detail wacana merek bir kuno tersebut. Merek bir ini bekerjsama yakni Allshopp's (dengan dua abjad P), namun si penjual hanya menulis Allshop's dengan satu abjad P. Sahabat anehdidunia.com kesalahan kecil ini rupanya disadari oleh seorang pembeli di ebay yang pribadi membeli barang tersebut lewat lelang dengan harga sekitar 300 dollar.

Tanpa disadari kesalahan ini menciptakan penemu bir langka ini harus rela gigit jari dan menanggung kerugian yang cukup besar. Pasalnya tak berselang lama, orang yang membeli bir langka ini kembali menjual bir ini di Ebay, hanya saja kali ini dengan penulisan merek yang benar yaitu Allshopp's dengan dua abjad P. Tak berselang usang bir langka ini terjual dengan harga lebih setengah juta dollar. Wow beda jauh banget ya harganya..

Mizuho Securities


Pada tahun 2005 yang kemudian sebuah perusahaan finalsial asal Jepang yang berjulukan Mizuho Security, tetapkan untuk menyewa jasa sebuah perusahaan broker berjulukan J2 Global untuk mengurus saham mereka sekaligus mengatur taktik bagi perusahaan ini untuk memperluas pangsa pasar mereka. Namun siapa sangka jikalau keputusan ini merupakan kesalahan terbesar yang akan dibentuk oleh Mizuho Security.

Pada awalnya mereka berencana untuk menjual saham dengan harga 610.00 Yen, perlembar. Namun seorang broker muda yang ditugaskan untuk mengatur penjualan saham ini melaksanakan sebuah kesalahan kecil yang sangat fatal saat mengetik harga saham yang akan di jual. Bukanya menjual 1 lembar dengan harga 610.000 yen, broker muda ini justru menjual 610.000 lembar saham dengan harga 1 yen perlembarnya. Hal ini pribadi menciptakan kericuhan di bursa saham Tokyo dan menciptakan Mizuho Security mengalami kerugian mencapai 340.000.000 Yen, sekaligus menciptakan saham mereka sama sekali tak mempunyai nilai.

Kesalahan Penempatan Tanda Koma Dalam Kontrak


Jangan pernah mendatangi kontrak sebara sembarang atau jangan hingga salah menciptakan kontrak jikalau tak ingin mengalami kerugian yang besar. Seperti misalnya perkara yang terjadi pada dua perusahaan yang ada di Kanada berikut. Pada tahun 2006 yang lalu, perusahaan jasa telekomunikasi raksasa di Kanada yang berjulukan Aliant tetapkan untuk menjalin kerjasama dengan sebuah perusahaan tv kabel berjulukan Rogers Communications untuk memakai jalur kabel mereka dengan nilai mencapai satu juta dollar Kanada pertahun.

Dalam kontrak perjanjian tersebut, terdapat sebuah poin dimana, mereka sanggup melanjutkan "kerjasama ini sehabis lima tahun jikalau dirasa menguntungkan bagi kedua belah pihak atau membatalkanya dalam waktu satu tahun dengan pemembalian dana utuh jikalau perjanjian berat sebelah."

Dalam poin inilah pihak Rogers Communications melaksanakan kesalahan dalam penempatan tanda koma yang menciptakan pihak Aliant mempunyai celah untuk membatalkan kontrak mereka sehabis satu tahun. Sahabat anehdidunia.com kesempatan ini tak di sia-siakan oleh Pihak Aliant yang kemudian tetapkan untuk membatalkan kontrak sehabis satu tahun berlangsung dengan tuntutan pengembalian dana utuh. Kedua perusahaan ini sempat membawa perkara ini ke meja hijau, namun alasannya yakni kesalahan penempatan tanda koma ini, pihak Rogers hasilnya kalah dan harus mengembalikan uang kontrak selama satu tahun yang bernilai satu juta dollar. Pada hasilnya kesalahan penempaatan tanda koma ini menciptakan mereka mengalami total kerugian mencapai 2,3 juta dollar Kanada.

Salah Ketik Tahun


Pada tahun 2010 yang lalu, kota New Jersey ikut serta dalam aktivitas basiswa dari pemerintah untuk sekolah dengan nilai fantastis hingga mencapai ratusan juta dollar. Untuk mengikuti aktivitas ini yang perlu mereka lakukan hanyalah meminta selurus siswa di New Jersey untuk ikut mendaftar. Sahabat anehdidunia.com langkah pertama ini sudah berhasil mereka lakukan dan New Jersey bahkan sudah masuk dalam daftar 3 besar yang hanya tinggal menunggu waktu untuk mendengar keputusan final. Dengan kondisi ini, banyak warga New Jersey yang bahagia dan berharap negara potongan mereka akan menjadi slah satu mendapat beasiwa bernilai ratusan juta dollar.

Namun impian tinggal jadi harapan, alasannya yakni pada fase ini New Jersey justru didiskualifikasi alasannya yakni kesalahan pengisian form registrasi yang dilakukan oleh salah satu staf pemerintah. Dalam Form ini seharusnya mereka mengisi daftar anggaran pendidikan dari tahun 2009 sebagai perbandingan untuk mendapat beasiswa. Namun yang ada mereka justru mengisi form dana pendidikan ini dengan tahun 2008 atau satu tahun sebelumnya. kesalahan pengisian tahun ini menciptakan New jersy batal mendapat dana beasiswa senilai hampir 400 juta dollar.

Salah Cetak Di Yellow Pages


Yellow Pages merupakan buku yang berisi nomer telpon dari aneka macam macam tempat. Buku ini biasanya memang sengaja diterbitkan untuk membantu orang supaya lebih gampang menemukan nomer telpon untuk segala kemudahan yang ada mulai dari restoran hingga rumah sakit. Tapi tahukah sobat anehdidunia.com jikalau supaya nomer telpon kita sanggup dicetak pada Yellow Pages ternyata kita perlu membayar, menyerupai halnya memasang iklan di koran. Di luar negeri, yellow pahes ternyata sering dipakai untuk memporomosikan sebuah bisnis maupun jasa layanan lainya.

Seperti yang dilakukan oleh sebuah perusahaan wisata di California yang tetapkan untuk memasukan nomer telpon mereka pada yellow pages untuk menarik lebih banyak pengunjung. Perusahaan ini kemudian memili potongan halaman "Exotis" untuk menempatkan nomer telpon mereka dengan sasaran turis yang menyukai daerah wisata exotis. Tapi bukanya masuk kelaman Exotis, nomer telpon biro wisata ini oleh yellow pages justru dimasukan dalam halaman Erotis, alasannya yakni kesalahan pengetikan yang dilakukan oleh karyawan mereka.

Parahnya lagi buku yellow pages ini sudah terlajur dicetak hingga ribuan kopi dan pihak biro wisata tadi menyadari kesalahan ini dan melaksanakan protes pada pihak penerbit yellow pages. Menerima keluhan ini pihak penerbit yellow pages yang bersangkutan bekerjsama berniat untuk bertanggung jawab dengan mencetak ulang seluruh yellow pages yang ada. Namun pihak biro wisata yang merasa dirugikan ini rupanya punya ilham lain, mereka kemudian menuntut pihak penerbit yellow pages ke pengadilan dan berhasil memenangkan tuntutan dengan ganti rugi mencapai lebih dari 10 juta dollar. 

Refrensi:
https://www.youtube.com/watch?v=lPHljIgXcg0

0 Response to "Akibat Kesalahan Ketik Typo Sebabkan Kerugian Terbesar Di Dunia"

Total Pageviews