Latest News

Bentuk Kendaraan Beroda Empat Balap Paling Unik Dalam Sejarah F1

Sebagai ajang balap kendaraan beroda empat no satu di dunia saat ini. F1 (Formula One) sepanjang sejarahnya selalu menghadirkan banyak sekali penemuan untuk mencipakan kendaraan beroda empat balap tercepat di dunia. Tim-tim di F1 bahkan populer rela menghabiskan dana yang luar biasa besar hanya untuk sanggup mempercepat kendaraan beroda empat balap mereka meski itu hanya dalam hitungan sepersekian detik per-lap.

Hampir setiap tahun tim-tim di F1 selalu melaksanakan banyak sekali inovasi, baik dari segi mesin, sasis, sistem elektronik hingga sisi aerodinamis. Berbagi penemuan inilah yang sekarang telah menghasilkan mobil-mobil balap paling  canggih di didunia.

Namum meski begitu sepanjang sejarahnya F1 juga tercatat telah menghasilkan, mobil-mobil balap yang masuk dalam katagori unik, alasannya yaitu bentuknya yang tak wajar. Nah keunikan dari mobil-mobil balap F1 inilah yang kali ini anehdidunia.com akan bagikan kisahnya dalam Mobil Balap Paling Unik Dalam Sejarah F1, versi anehdidunia.com

Brabham BT26 Tahun 1968


Akhir tahun 1960an sanggup dibilang sebagai kurun dimana tim-tim F1 mulai serius berbagi sisi aerodianmis. Hal ini terlihat dengan mulai banyaknya tim yang memasangkan sayap pada bab depan dan belakang mobil. Namun alasannya yaitu kurangnya penelitian dan data yang ada saat itu, penempatan sayap pada kendaraan beroda empat f1 kala itu sanggup dibilang tergolong nyeleneh.

Salah satunya yaitu kendaraan beroda empat balap milik Brabham Racing Team yaitu Brabham BT26. Mobil rancangan Ron Tauranac ini mempunyai sayab bab depan dengan bentuk aneh dan posisi lebih tinggi dari kepala pembalap. Sayap depan kendaraan beroda empat ini dilengkapi dengan dua tiang penyangga yang membuatnya justru terlihat menyerupai jendela. Desain unik ini sendiri tak bertahan lama, alasannya yaitu pada tahun berikutnya posisi sayap depan ini kemudian dipindahkan dibagian bemper depan mobil.

Tyrrell P34 Tahun 1976-1977


Tyrrell P34 atau juga dikenal "six weelers " merupakan kendaraan beroda empat balap F1 rancangan Derek Gardner dan merupakan kendaraan beroda empat milik tim Tyrrel yang dipakai pada balapan seri F1 tahun 1976-1977. Sesuai dengan nama panggilanya "six weelers" kendaraan beroda empat ini merupakan kendaraan beroda empat balap pertama didunia yang mengusung konsep 6 roda, dengan 2 pasang roda kecil di bab depan dan sepasang roda berukuran besar di bab belakang.

Konsep unik ini berdasarkan sang perancang untuk meningkatkan traksi kendaraan beroda empat saat balapan. Menurut Derek dengan dua pasang roda di bab depan, kendaraan beroda empat balap akan sanggup mendapat traksi lebih bagi daripada yang hanya memakai satu pasang saja. Selain pada bab roda kendaraan beroda empat ini juga mempunyai desan bodi yang unik dengan dua sayap besar di bab depan dan belakang yang mempunyai bentuk layaknya sekop.

Namun ajaibnya meski mempunyai bentuk yang unik, Tyrrell P34 tercatat pernah memenangkan balapan dengan menduduki posisi 1 & 2  pada GP Swedia di tahun 1976.

Williams FW07D Tahun 1981


Keberhasilan Tyrell P34, memenangkan balapan pada GP Swedia di tahun 1976, sepertinya menginspirasi beberapa tim lain di F1 untuk berbagi kendaraan beroda empat balap dengan 6 roda. Selama beberapa tahun beberapa tim termasuk Ferari dan Willams terus mencoba berbagi kendaraan beroda empat balap unik ini. Namun tak ada satupun yang berhasil menemukan konsep yang cocok bagi tim mereka.

Sampai pada tahun 1981, tim Williams mengeluarkan kendaraan beroda empat balap seri "FW07D" yang mengusung konsep 6 roda. Namun konsep yang di usung oleh tim Willams ini sedikit beda bila dibandungkan dengan Tyrell P34. Perbedaan ini ada pada penempatan roda extra pada Williams yang menempatkan 2 pasang roda di bab belakan dan hanya sepasang roda di bab depan. Konsep roda ganda pada bab belakang ini sendiri, berdasarkan tim Willians yaitu untuk meningkatkan daya dorong kendaraan beroda empat di lintasan dan menciptakan FW07D, sanggup melaju lebih kencang.

Tapi sayangnya konsep ini ditentang oleh FiA, alasannya yaitu dinilai tak aman. Alhasil FW07D tak pernah benar-benar membalap di lintasan F1 dan hanya berakhir menjadi konsep saja. Sejak saat itu FiA juga tetapkan untuk melarang penggunaan 6 roda pada kendaraan beroda empat F1.

Ensign N179 Tahun 1979


Mendapat predikat sebagai kendaraan beroda empat terjelek sepanjang sejarah F1. Ensiggn N179 merupakan kendaraan beroda empat balap milik tim Lotus yang diperkenalkan pada seri F1 tahun 1979. Saat dilihat sekilas, tolong-menolong tak ada yang aneh dari Ensiggn N179. Namun bila kita lihat dari depan, kendaraan beroda empat ini mempunyai kejanggalan dengan adanya tiga ventilasi uadara yang sekilas nampak menyerupai anak tangga.

Nah tiga ventilasi udara ini ternyata merupakan daerah untuk menaruh radiator yang berfungsi untuk mendinginkan kendaraan beroda empat balap saat melaju di lintasan. Sayangnya meski bertujuan baik, desain ini oleh banyak pecinta F1 dianggap sangat buruk dan tak wajar.

March - Ford 711 Tahun 1971


Dengan melihat penampilanya saja, semua orang rasanya akan sepakat bila March - Ford 711, yaitu kendaraan beroda empat yang unik. Roda belakang berukuran besar, roda depan berukuran kecil dan bentuk sayap depan yang sangat unik, menciptakan March - Ford 711 terlihat menyerupai kendaraan beroda empat dalam sebuah serial kartun.

Tapi meski terlihat aneh, kendaraan beroda empat ini benar-benar ada dan pernah bersaing pada F1 tahun 1971. Tak hanya sekedar ikut balapan March - Ford 711, bahkan juga memenagkan 3 dari 4 seri awal F1 pada tahun tersebut dan berhasil menduduki runner up di tamat musim.

The Fan Car - Brabham BT46b Tahun 1978


Merupakan pengembangan dari Brabham BT46, The Fan Car - Brabham BT46b, merupakan salah satu kendaraan beroda empat balap paling unik segaligus aneh dalam sejarah F1. Mobil ini mempunyai desain yang begitu mencolok dengan pendorong roket pada bab belakang. Desain ini selaing terlihat sangat menarik juga berhasil menghasilkan tenaga yang luar biasa pada BT46b. Hal ini terlihat dengan begitu dominanya kendaraan beroda empat ini pada seri pembuka F1 pada tahun 1978.

Pada balapan yang dihelat di Swedia tersebut, kendaraan beroda empat milik tim lotus ini eksklusif meninggalkan tim lain semenjak lap pertama dan tak terkejar hingga finis. Alhasil banyak tim F1 lain yang memprotes hal ini alasannya yaitu mengganggap Brabham BT46b melanggar hukum spesifikasi yang ada dengan memasing pendorong khusus yang menghasilkan tenaga yang jauh melebihi tim lain. Karena alasan inilah 6 hari kemudian Brabham BT46b alhasil dihentikan untuk mengikuti seri F1. Sejak saat itu pula kendaraan beroda empat ini di kenal dengan sebutan "Fan Car" alasannya yaitu merupakan kendaraan beroda empat yang sangat di sukai oleh fans F1, tapi justru tak pernah sanggup dilihat lagi di lintasan balap.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa kendaraan beroda empat F1 paling unik yang pernah ada, berdasarkan kalian mana yang paling unik?

Referensi:
https://www.thrillist.com/cars/the-12-weirdest-looking-formula-one-cars-of-all-time
http://www.grandprixhistory.org/mar711.htm
https://en.wikipedia.org

0 Response to "Bentuk Kendaraan Beroda Empat Balap Paling Unik Dalam Sejarah F1"

Total Pageviews