Latest News

Mengenal Aneka Kuliner Berbahan Darah Dari Seluruh Dunia

Darah pada umumnya dianggap sebagai barang yang menjijikan dan banyak orang yang tak suka. Darah juga sering di anggap tak bersih dan berbahaya alasannya yaitu sanggup menjadi sarana penyebaran penyakit.

Namun meski begitu dalam beberapa kebudayaan darah justru merupakan kepingan penting dalam masakan khas mereka. Terdengar menijikan memang, namun masakan dengan materi darah ini beberapa diantaranya bahkan merupakan masakan favorit di sebuah negara.

Keunikan dari banyak sekali kuliner berbahan dasar darah inilah yang akan anehdidunia.com kisahnya kali ini, sesuai dengan banyak sekali sumber online yang kita rangkum, berikut ulasanya

Tiet Canh - Vietnam


Tiet Canh merupakan masakan khas dari Vientam yang berbahan dasar darah bebek. Kuliner khas dari wilayah Utara Vientam ini sering juga dikenal dengan sebutan Sup Darah, alasannya yaitu biasanya disajikan dalam mangkuk kecil bersama daging bebek, sayuran, beberapa rempah dan kacang almond.

Namun meski di sebut sebagai sup darah, Tiet Canh bekerjsama bukanlah sup melainkan puding darah. Untuk menciptakan Tiet Canh, darah angsa yang gres disembelih akan dituangkan ke mangkuk hingga menggumpal dan membentuk konsistensi layaknya puding. Sahabat anehdidunia.com sehabis darah menggumpal barulah daging angsa yang telah di rebus serta materi lainya dimasukan.

Menurut orang-orang yang pernah mencoba masakan unik ini, meski terbuat dari darah, Tiet Canh sama sekali tak berbai busuk dan anyir. Rasa Tiet Canh berdasarkan mereka justru terasa menyegarkan alasannya yaitu disajikan dalam keadaan dingin. Tapi meski begitu sayangnya kuliner ini sudah terancam punah, alasannya yaitu sebagian besar generasi muda Vietnam yang enggan untuk merasakan Tiet Canh alasannya yaitu merasa jijik dan takut.

Betamax - Filipina


Filipina terkenal dengan masakan mereka yang tergolong ekstrim, salah satunya yaitu "Balut" (Embrio angsa yang direbus) yang telah mendunia. Nah selain balut masih ada lagi masakan yang tergolong ekstrim yaitu Betamax atau dikenal juga sebagai sate darah. Makanan yang biasa di jajakan di jalan-jalan yang ada di Filipina ini terbuat dari darah ayam yang di bekukan, dipotong-potong dan ditusuk memakai bambu, menyerupai mirip sate.

Asal-usul nama Betamax sendiri juga tergolong unik, alasannya yaitu jajanan khas Filipina ini diberi nama berdasarkan perekam video berjulukan Betamax yang dikembangkan oleh Sony pada tahun 1975. Bentuk Betamax yang kotak dan berwarna coklat bau tanah sering disamakan dengan perangkat perekam siaran TV milik Sony ini.

Cabidela - Portugal


Cabidela merupakan kuliner khas Portugal yang menyerupai dengan kare daging dengan kuah berwarnya coklat kental. Hanya masakan ini memakai darah sebagai salah satu materi paling penting dalam adonan kuahnya. Darah dalam Cabidela, biasanya berasal dari Kelinci, Ayam atau Babi yang dicampur dengan cuka biar tak menggumpal.

Darah ini kemudian dicampurkan ke dalam daging yang telah terlebih dulu dimasak dengan banyak sekali rempah khas mediterania. Campuran darah inilah yang menciptakan Cabidela mempunyai kuah berwarnya coklat. Cabidela sendiri biasanya disajikan bersama nasi yang dimasak secara terpisah atau eksklusif dicampur dalam Cadibela saat proses memasak.

Sundae - Korea Selatan


Sundae merupakan hidangan khas Korea selatan, yang berbentuk menyerupai sosis. Tapi jikalau pada umumnya sosis berisi daging, maka lain halnya dengan Sundae justru di isi dengan nasi, bihun, jeroan, beberapa rempah khas Korsel dan yang paling penting yaitu darah babi. Hidangan ini sangat terkenal di Korsel dan hampir dijual di seluruh pasar dan banyak sekali restoran.

Sundae sendiri dipercaya sudah semenjak usang ada di Korea dan merupakan salah satu masakan orisinil yang diwariskan secara turun-temurun. Menurut sejarahnya Sundae diperkirakan sudah ada semenjak periode dinasty Goryeo pada tahun 918-1392. Sahabat anehdidunia.com kala itu kerajaan Goryeo mengalami dilema saat populasi babi liar meningkat dan mulai merusak lahan pertanian. Untuk mengatasi dilema ini di adakan program berburu babi, untuk mengurangi populasi binatang ini. Alhasil kala itu jumlah daging babi menjadi sangat melimpah, saat itulah resep Sundae diperkirakan pertama kali dibuat.

Lawar Barak - Indonesia


Selain negara-negara di atas, Indonesia juga punya masakan berbahan darah yang cukup terkenal yaitu Lawar. Hidangan khas Bali ini biasanya berupan adonan sayur-sayuran dan daging cincang yang kemudian diberi darah babi atau ayam sebagai pelengkap. Namun tak semua lawar memakai darah ada pula lawar yang tak memakai darah. Di Bali sendiri terdapat beberapa jenis lawar yaitu Lawar Barak, Lawar Putih hingga Lawar Penyu. 

Nah Lawar Barak inilah yang memakai darah sebagai adonan dalam adonanya. Sedangkan Lawar Putih tidak memakai darah, alasannya yaitu merupakan kepingan dari sarana upacara keagaman. Tak digunakanya darah dalam Lawar putih sendiri berafiliasi dengan kepercayaan bahwa di beberapa Pelinggih (tempat berstana dewa-dewi) tak membolehkan umat Hindu untuk memperlihatkan persembahan yang mengandung darah.

Dulu masakan khas ini biasanya akan muncul pada upacara-upaca keagaman alasannya yaitu merupakan kepingan pemanis dari upacara tersebut. Namun sekarang Lawar sudah sanggup ditemui nyaris di tiap restoran yang ada di Bali.

Black Pudding - Inggris

Saat membahas masakan yang berbahan darah, tentu tak akan lengkap jikalau tak memasukan Black Pudding dalam daftar ini. Hidangan khas Inggris ini mungkin sanggup dibilang sebagai masakan berbahan darah yang paling terkenal didunia. Memiliki bentuk menyerupai dengan sosis, masakan ini dibentuk dengan memasukan lemak babi/sapi dan oatmeal dalam usus babi dan mencampurnya dengan darah sebelum direbus hingga matang.

Di Inggris masakan ini sangat terkenal bahkan menjadi hidangan sarapan wajib bagi warga disana. Dalam penyajianya Black Pudding biasanya akan di iris kemudian digoreng dan disajikan bersama kacang merah, telur goreng, roti bakar dan juga tomat.

Sahabat anehdidunia.com beberapa kuliner di atas mungkit terkesan menjijikan atau bahkan angker bagi kebanyakankan. Namun meski begitu makanan-makanan tadi sejatinya merupakan warisan masakan dari kebudayaan dari suatu masyarakat yang perlu kita hormati. Kita hanya perlu bersikap bijak, jikalau merasa jijik ya tak usah memakanya tanpa harus menghakimi.

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=ndXM-b5xV04
https://en.wikipedia.org/wiki/Ti%E1%BA%BFt_canh
/search?q=02/betamax-grilled-chicken-blood/
https://en.wikipedia.org/wiki/Cabidela
https://en.wikipedia.org/wiki/Sundae_(sausage)
http://www.dewasetiawan.com/2016/04/mengenal-lebih-dekat-lawar-bali
https://en.wikipedia.org/wiki/Black_pudding

0 Response to "Mengenal Aneka Kuliner Berbahan Darah Dari Seluruh Dunia"

Total Pageviews