Latest News

Tempat Paling Seram Dan Mistis Di Indramayu Menciptakan Bergidik Dikala Lewat

Beberapa kota besar di Indonesia populer mempunyai tempat angker yang sangat melegenda. Seperti misalnya Jakarta dengan Terowongan Casablanca, Semarang dengan Lawang Sewu sampai Surabaya dengan Rumah Darmo yang begitu populer dengan kesan angker dan seram. Namun selain kota-kota besar tadi, bahwasanya hampir semua kota di Indonesia sanggup dibilang mempunyai tempat angker mereka sendiri.

Kultur bangsa Indonesia yang masih mempercayai dongeng takhayul dan hal-hal yang berbau mistis menciptakan banyak tempat mendapat predikat sebagai tempat angker. Anggapan ini sendiri biasanya muncul lantaran bencana berdarah atau pun hal mistis yang pernah terjadi. Seperti misalnya yang terjadi dikota Indramayu, di kota yang mempunyai julukan sebagai kota mangga ini terdapat beberapa tempat yang populer angker. Tempat-tempat ini populer angker lantaran populer keramat maupun lantaran seringnya terjadi penampakan makhluk halus. Nah berikut ini yaitu beberapa tempat yang populer angker dan mistis di Indramayu beserta ulasan singkatnya..

Makam Buyut Tambi


Jika membicarakan soal tempat angker, maka biasanya makam atau kuburan yaitu tempat yang pertama terlitas dibenak orang. Apalagi kalau makam tersebut populer sebagai tempat yang keramat. Salah satunya yaitu Makam Buyut Tambi yang terletak di Indramayu. Kompleks makan yang terlihat mencolok dengan warna merah ini terdapat sebuah legenda yang menyebutkan kalau orang melaksanakan tirakat di tempat ini maka ia sanggup meraih kesuksesan serta sanggup dipermudah untuk mendapat jodoh.

Karena itu makam yang terletak di desa Tambi ini populer sebagai tempat yang keramat. Setiap harinya ada saja orang yang bertapa di makam Buyut Tambi untuk meminta supaya bisnisnya sanggup sukses atau supaya dipermudah mendapat jodoh jodoh. 

Selain konon ampuh sebagai tempat tirakat, makam ini juga populer mistis. Meski banyak orang yang berkunjung ke tempat ini, namun tak pernah ada foto kepingan dalam bangunan makam Buyut Tambi. Sahabat anehdidunia.com hal ini terjadi bukan lantaran tak ada yang pernah memotret kepingan dalam makam, melainkan memang tak ada yang bisa. Banyak orang sudah mencoba untuk memotret kepingan dalam makam namun nhasilnya selalu nihil. Foto yang diambil selalu rusak ataupun sama sekali tak mempunyai gambar.

Menurut juru kunci makam ini, fenomena unik ini terjadi lantaran Buyut Tambi tak mengijinkan orang untuk mengfoto ruangan dalam makam. Sosok Buyut Tambi konon merupakan orang sakti yang telah membabat seluruh hutan diwliayah itu untuk mendirikan desa Tambi. Namun mirip apa sosoknya masih misterius lantaran orang-orang di desa ternasuk sang juru kunci makam biasanya enggan untuk menceritakan wacana sosok Buyut Tambi.

Kisah mistis lain dari makam yaitu saat ada seorang Camat yang tak percaya dengan kemistisan makam ini yang secara sengaja tak melepas sepatunya saat memasuki area makam. Awalnya Camat ini merasa tak ada apapun yang terjadi, namun setibanya di rumah ia sama sekali tak sanggup melepas sepatu yang ia pakai.

Jembatan Eretan


Jika kita lihat sekilas bahwasanya tak ada yang aneh dengan jembatan kecil di kota Indramayu ini. Namun jembatan berjulukan "Eretan" ini bagi warga sekitar populer sebai jembatan yang angker. Menurut warga sekitar jembatan yang sudah ada semenjak jaman penjajahan Jepang ini populer mempunyai dongeng mistis yang mengerikan.

Di jembatan ini terdapat mitos untuk membunyikan klakson saat melintas, hal ini konon merupakan tanda meminta ijin lewat sekaligus berpamitan pada penunggu jembatan. Jika orang yang lewat tak membunyikan klakson maka konon ia sanggup mengalami kecelakaan yang mengerikan. Sahabat anehdidunia.com kecelakaan ini sendiri konon merupakan ulah dari para penunggu jembatan yang murka lantaran orang yang lewat dianggap tidak sopan. Alhasil orang yang lewat ini biasanya diganggu oleh makluk halus sampai terjadi kecelakaan maut.

Selain itu ada pula kisah mistis wacana penumpang mistik yang sering mengganggu penarik becak. Para penarik becak di jembatan Eretan sering kali mendapat godaan dari makluk halus yang menyamar sebagai penumpang. Penumpang mistik ini seringkali meminta untuk diantar ke sebuah tempat, namun saat tiba di tempat tujuan biasanya mereka akan menghilang dan para penarik becak ini tiba-tiba sudah ada di area pemakaman.

Situs Buyut Banjar


Di Indramayu ada sebuah tempat yang populer mempunyai dongeng mistis yang cukup melegenda. Tempat itu yaitu "Situs Buyut Banjar" sebuah komplek pemakaman yang dikenal sangat keramat dan angker. Situs ini mempunyai ciri khas khusus dengan adanya sekelompok monyet yang berkeliaran di sekitar makam.

Namun monyet-monyet ini bukanlah monyet biasa, jumlah monyet di situs ini tak pernah berubah yaitu 41 ekor. Padahal pernah ada monyet yang mati akhir tak sengaja tertabak mobil. Monyet ini bahkan sudah dikubur oleh warga, namun anehnya jumlah monyet yang ada di makam Buyut Banjar tetap berjummlah 41 ekor. Sahabat anehdidunia.com warga Indramayu percaya kalau monyet-monyet ini merupakan hasil kutukan dari raja yang berjulukan Surya Negara.

Menurut legendanya dulu konon saat ingin membangun bendungan untuk mencegah banjir, Raja Surya Negara memanggil 41 prajuritnya sebagai bala bantuan. Namun ke 41 prajurit ini tiba terlambant, sampai menciptakan Raja murka sampai mengutuk prajuritnya menjadi monyet. Kisah inilah yang dipercaya merupakan asal-usul dari monyet yang ada di makam ini.

Karena latar belakang mistis ini, warga biasanya tak berani untuk mengganggu monyet-monyet yang ada di makam ini lantaran takut akan terpimpa musibah. Dulu pernah ada orang yang nekad menangkap salah satu monyet dan memeliharanya di rumah. Tapi hal ini tak berlangsung usang lantaran ia akibatnya mengembalikan monyet itu ke situs Buyut Banjar lantaran mendapat banyak gangguan mistis dirumahnya.

Jembatan Sewo


Bagi orang yang pernah melalui jalur Pantura saat mudik, niscaya pernah melihat sebuah jembatan unik dimana banyak orang memegang sapu di pinggir jalan. Nama jembatan ini yaitu Sewo, sebuah jembatan yang terletak di perbatasan antara Subang dan Indramayu. Orang-orang yang menunggu dipinggir jalan ini bukanlah pedagang sapu ataupun orang yang ertugas membersihkan jalan. Mereka memakai sapu untuk mengais recehan yang biasa dilemparkan oleh pengemudi yang lewat.

Kebiasaan pengemudi kendaraan untuk melemparkan uang receh ini sendiri merupakan ritual tolak bala supaya mereka tak mengalami hal jelek selama melintas di jembatan sewo. Ritual unik ini sendiri muncul lantaran Jembatan Sewo populer sebagai tempat angker dimana banyak kecelakaan ajal dengan banyak korban jiwa sering terjadi. Dengan melemparkan uang koin, berdasarkan warga maka si pengendara akan selamat lantaran sudah dianggap "permisi" pada penunggu jembatan.

Menurut legenda yang ada di jembatan ini ada sosok buaya putih yang dipercaya merupakan makhluk mistis penunggu jembatan ini. Sahabat anehdidunia.com buaya Putih ini sendiri konon merupakan perwujudan dari seorang Penari Ronggeng yang bunuh diri bersama keluarganya di sungai yang ada di bawah jembatan. Penari Ronggeng Ini konon bunuh diri lantaran merasa malu akhir telah melanggar janjinya dan akhir penyesalanya ia kemudian bermetamorfosis Buaya Putih. Warga sekitar Indramayu percaya kalau sosok buaya putih inilah yang menciptakan Jembatan Sewo jadi angker dan sering menelan korban jiwa.

Makam Selawe


Makam Selawe merupakan satu dari sekian banyak makam keramat yang ada di kota Indramayu. Sekilas kalau kita lihat tak ada yang aneh pada komplek pemakaman ini. Makam Selawe bahkan terlihat sangat terawat dan rapi sampai jauh dari kesan seram. Namum berdasarkan warga sekitar makam ini tergolong sebagai makam keramat dan punya nuansa mistis yang kuat.

Di makam ini terdapat sebuah mitos yang menarik, mitos itu yaitu kepercayaan kalau pengunjung menghitung jumlah makam yang ada dan jumlahnya mencapai 25 atau lebih maka ia akan mendapat keberuntungan. Namun sebaliknya kalau saat menghitung hasilnya kurang dari 25 maka orang itu akan tertimpa sial. Tapi tak perlu khawatir lantaran selama kita belum berhasil menghitung sampai mendapat angka 25 atau lebih kita sanggup mengulanginya lagi. Kalau masih tak mendapat angka 25 berarti orang itu benar-benar sial.

Selawe sendiri dalam bahasa Jawa artinya yaitu 25, jadi nama makam ini dalam bahasa Indonesia yaitu "Makam 25," atau kurang lebih makam dengan 25 pusara.

Rawa Pulomas


Sekilas nyaris tak ada yang istimewa hamparan rawa-rawa di Desa Cantigi Kulon, Kecamatan Cantigi, Kabupaten Indramayu. Namun bagi orang yang mempunyai ilmu kebatinan konon rawa yang luasnya mencapai berhektar-hentar ini merupakan sebuah kearajaan mistik yang luar biasa. Menurut legenda yang ada daerah Pulomas konon merupakan sebuah kerajaan Jin yang dipimpim oleh seorang raja mistik yang sangat sakti berjulukan Raden Wirdanata. Sahabat anehdidunia.com kerajaan ini konon sangat megah dan terbuat dari emas seutuhnya sampai kadang ibarat sebuah pulau yang terbuat dari emas. Karena itu daerah ini kemudian dinamai Pulomas yang artinya Pulau Emas.

Karena kisah ini banyak orang di sekitar Indramayu mengakibatkan pulomas sebagai tempat ritual untuk meminta pesugihan. Menurut juru kunci Pulomas yang berjulukan Cak Watim, banyak orang melaksanakan tirakat untuk meminta pesugihan di daerah tersebut lantaran percaya kalau sanggup mendapat kekayaan dari Istama Emas yang ada di Pulomas.

Sungai Cimanuk


Jika kita bertanya pada warga Indramayu, dimanakah tempat paling angker sekaligus mistis yang ada di Indramayu maka kebanyakan niscaya akan menjawab Sungai Cimanuk. Hal ini lantaran sungan yang melistas di sepanjang kota Indramayu ini memang populer sering muncul penampakan makhluk gaib. Di sungai yang mendapat julukan sebagai Kerajaan Siluman ini sering muncul penampakan tuyul, buaya putih sampai terdengar bunyi gamelan khas jawa.

Menurut warga di bawah sungai ini konon terdapat kerajan siluman besar yang berisi makhluk mistik yang menyeramkan. Salah satu dongeng mistis yang ada di sungai ini yaitu kisah dari seorang ibu-ibu yang mengalami koma selama 2 bulan mengaku bahwa dirinya dibawa ke kerajaan siluman untuk dipekerjakan sebagai juru masak di dapur kerajaan gaib. Selain itu pada saat pembangunan jembatan di sungai cimanuk, para pekerja yang ada juga sering kali mendapat gangguan dari makhluk halus dengan munculnya bebauan busuk dan penampakan hantu.

Refensi:
https://bacaterus.com/tempat-angker-di-indramayu/
/search?q=kerajaan-jin-pulomas-indramayu

0 Response to "Tempat Paling Seram Dan Mistis Di Indramayu Menciptakan Bergidik Dikala Lewat"

Total Pageviews